CUKO PEMPEK

Resep cuko pempek maknyuss




   CUKO bahasa palembangnya, cuko adalah pelengkap makanan seperti pempek atau gorengan lainnya.karena cita rasa cuko yang membuat orang ketagihan untuk mengirupnya. Baiklah kita mulai cara membuat cuko yang maknyuss :
    
Bahan : - GULA MERAH/GULA JAWA
               - ASEM JAWA
               - EBI/UDANG REBON
               - CABE RAWIT
               - BAWANG PUTIH
               - GAREM
               - AIR

 CARA MEMBUAT :
 1. haluskan cabe rawit dan bawang putih dan garem lebih baik di giling saja biar makin terasa tapi kalo mau cepet boleh di blender
2. rebus air dan masukan gula merah/gula jawa boleh ditambahkan sedikit gula pasir pelengkap. Terserah mau sekental apa membuatnya air dan gula jawa disesuaikan selerah masing-masing
3.  setelah air dan gula jawa menyatu masukan asam jawa,dan sesuai selera mau seberapa asamnya
4. setelah semua menyatu air,gula jawa,dan asam masukan cabe rawit dan bawang putih yang dihaluskan serta ebi/udang rebon tunggu sebentar dan selesai jangan sampe cuko nya meluber karena air gula nya.


   Mudah bukan cara membuat cuko silahkan di praktekan di rumah ya. Saya sarankan untuk menyimpan cuko di wadah plastik/melamin sebab asam cuko dapat merusak material panci apabila di biarkan cukup lama. Simpan cuko di dalam kulkas dan akan membuat cuko awet dan tahan lama. Selamat mencoba.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DESSERT BANOFFEE

BOLU PANDAN

LEMET PISANG KETAN